Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelang Opster TNI Di Pulau Haruku : Dandim Ambon Brifingkan Perwira & Bati Stafnya

Ambon - Dandim Ambon brifingkan Perwira dan Bati Staf dalam upaya mendukung kesiapan pelaksanaan pembukaan kegiatan Operasi Teritorial (Opster) TNI di wilayah Kodim 1504/Ambon, bertempat di Loby Makodim 1504/Ambon, Jl. Slamet Riyadi, Kel. Uritetu, Kec. Sirimau, Kota Ambon. Pada Kamis (27/04/2023)

Dandim 1504/Ambon Letkol Arh Tengku Sony Sonatha, S.E., M.I.P., pada kesempatannya mengatakan bahwa sesuai dengan butir amanat Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI, telah ditegaskan di dalam Bab IV peran fungsi dan tugas pokok TNI yang di jelaskan dalam Pasal 7 ayat 1 dan 2 tentang tugas pokok TNI sebagaimana dimaksud TNI mempunyai tugas pokok yang dilakukan dengan Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP), terkandung beberapa point diantaranya yaitu untuk memberdayakan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya secara dini sesuai dengan sistem pertahanan semesta, juga membantu tugas pemerintahan di daerah, serta membantu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian, dan pemberian bantuan kemanusiaan. "Ujarnya"


Menurut Peraturan Kepala Staf Angkatan Darat Nomor Perkasad/106/XII/2011, Operasi Teritorial adalah Operasi yang dilaksanakan oleh satuan militer dengan sasaran, waktu, tempat dan dukungan logistik yang telah ditetapkan sebelumnya melalui perencanaan yang terperinci untuk mencapai suatu tugas secara khusus yang ditetapkan atas dasar perintah dan Komando atasan yang berwenang dalam rangka menegakkan dan memelihara kewibawaan Pemerintah. "Tambahnya"

Ia juga mengatakan bahwa Kodim 1504/Ambon dan jajarannya adalah satuan teritorial, satuan pelaksana kewilayahan yang menjadi ujung tombak dalam kegiatan operasi teritorial (Opster) TNI yang diselenggarakan oleh Korem 151/Binaiya di Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah. "Tuturnya"

Saya menghimbau kepada kita semua, agar dapat memberikan dukungan maksimal pada saat pelaksanaan kegiatan operasi teritorial (Opster) TNI di wilayah kita, operasi ini bertujuan untuk merangkul masyarakat dengan melakukan pendekatan yang humanis. "Ujar Dandim"

Suatu kehormatan bagi kami Kodim 1504/Ambon dan Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah, dengan adanya kegiatan operasi teritorial (Opster) TNI di wilayah kita yang berlokasi di Negeri Pelauw, Kariu dan Dusun Ori, Kecamatan Pulau Haruku sangat berdampak kepada keamanan dan kesejahteraan masyarakat disana. "Kata Dandim"


Kepada para perwira agar segera di persiapkan, rencanakan dengan baik apa-apa yang menjadi kendala segera dilaporkan, lakukan koordinasi sebaik mungkin dengan semua pihak, sebelum kegiatan selama dan sesudahnya. "Tegasnya"

Kegiatan operasi teritorial (Opster) TNI di wilayah Kodim 1504/Ambon akan dibuka langsung secara resmi oleh Danrem 151/Binaiya Brigjen TNI Aminton Manurung, S.I.P., yang bertempat di depan Masjid Nandatu Sahapory Negeri Kailolo   

Program (Opster) TNI di wilayah Kodim 1504/Ambon meliputi kegiatan bedah rumah yang di peruntukan untuk masyarakat yang tidak mampu di Negeri Pelauw, Negeri Kariu, dan Dusun Ori, penanaman mangrove yang berlokasi di Dusun Hitapory Negeri Kailolo, dan Dusun Nama'ea Negeri Pelauw serta pembuatan sarana olahraga lapangan volly bagi masyarakat Negeri Pelauw tepatnya di depan Makoramil 1504-07/P. Haruku. 

Brifing tersebut di hadiri oleh Mayor Kav Panji Prawira (Pasiops Dim 1504/Ambon), Kapten Inf Efendy Silayar (Pasiintel Dim 1504/Ambon), Kapten Inf Dewa Agung (Plh. Pasiter Dim 1504/Ambon), Letda Inf Abraham Talakua (Plh. Pasilog Dim 1504/Ambon), Letda Inf M. Jen Anjaran (Danunit Intel Dim 1504/Ambon), Batih Staf Kodim 1504/Ambon.

Posting Komentar untuk "Jelang Opster TNI Di Pulau Haruku : Dandim Ambon Brifingkan Perwira & Bati Stafnya"