Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Suarakan Pesan Damai : Dandim Ambon Dampingi Tim Kominda Provinsi Maluku Di Dua Kecamatan

Malteng - Dandim 1504/Ambon Letkol Arh Tengku Sony Sonatha, S.E., M.I.P., lakukan pendampingan ke wilayah teritorial bersama Tim Kominda Provinsi Maluku dalam rangka peninjauan kesiapan rekonsiliasi Konflik Sosial di Pulau Haruku dan Saparua. Pada Selasa (18/04/2023)


Perdana Dandim 1504/Ambon melakukan pendampingan bersama Tim Kominda Provinsi Maluku ke wilayah Kecamatan Pulau Haruku dan Kecamatan Pulau Saparua, guna meninjau kembali kesiapan rekonsiliasi konflik sosial yang terjadi di wilayah teritorial Kodim 1504/Ambon beberapa tahun silam.

Langkah ini merupakan bentuk perhatian serta kepedulian TNI dalam hal ini Kodam XVI/Pattimura bersama Pemerintah Provinsi Maluku dan Kabupaten Maluku Tengah dalam upaya rekonsiliasi konflik sosial yang terjadi di wilayah Maluku guna kepentingan stabilitas keamanan sebagai wujud dukungan terhadap pemerintah dalam mendukung proses pembangunan  

Kodim 1504/Ambon yang terletak di Kota Ambon dengan wilayah teritorialnya membawahi dua wilayah Pemerintahan Daerah, yakni Kota Ambon dan sebagian berada di wilayah Kabupaten Maluku Tengah antara lain Kecamatan Pulau Haruku dan Kecamatan Pulau Saparua.

Disela-sela kegiatan pendampingannya Letkol Arh Tengku Sony Sonatha, S.E., M.I.P., juga berkesempatan untuk berdiri di mimbar dan bertatap muka dengan warga Negeri Kariu, dengan tegas ia menyampaikan beberapa hal.

Ia mengatakan bahwa suatu kehormatan dan kebanggaan bisa hadir di tempat ini di tengah-tengah bapak ibu sekalian sekaligus melihat bagaimana kondisi masyarakat khususnya di wilayah Negeri Kariu ini hingga nanti bisa menjadi suatu catatan bagi kami untuk merencanakan kegiatan-kegiatan kedepan terkait dengan permasalahan rekonsiliasi ini. "Ujarnya"

Kami TNI bersama dengan rekan-rekan Polri  mendukung program-program Pemerintah Maluku Tengah yang sudah digagaskan atau dikomunikasikan Bapak Bupati kepada Pemerintah Pusat. "Ujar Dandim"

Kami sendiri dari Kodim 1504/Ambon akan mengawali  pembangunan dan kemarin kami sudah meninjau lokasi dan tadi malam saya juga dipaparkan tentang rencana Opster pembangunan rumah tidak layak huni sebagai pelopor sebelum nantinya pemerintah melanjutkan pembangunan yang lebih besar lagi. Kami juga ikut membantu pembangunan sarana dan prasarana olahraga, MCK, di beberapa lokasi. "Tuturnya"

Tentunya harapan dari Pemerintah Pusat kemudian Pemerintah Provinsi sampai kepada Pemerintah Kabupaten, pada intinya kami semua ingin mengajak bapak ibu  untuk bersama-sama bisa memahami dan mengerti kondisi yang ada, khususnya buat adik-adik yang berada di bangku pendidikan harus tetap menjaga semangatnya dalam menimba ilmu dengan baik karena adik-adik inilah yang menjadi tulang punggung dan generasi penerus dari Negeri Kariu. "Harapnya"

Dengan kondisi yang terbatas ini jangan putus harapan dan jangan putus asa atau berkurang semangat belajarnya, kalau bisa lebih ditingkatkan, mudah-mudahan dari adik-adik yang ada di depan saya ini akan menjadi tokoh-tokoh nantinya, yang akan berkiprah di Provinsi Maluku dan Nasional. "Kata Dandim"

Kami juga berharap dengan kedatangan kami kesini, bisa membawa sedikit angin segar bagi bapak ibu sekalian, kemudian juga bisa menjadi salah satu motivasi dan semangat untuk tetap menjaga kondisi yang ada, mudah-mudahan waktu akan merubah segalanya dan akan mengembalikan segala menjadi lebih baik lagi, Pemerintah akan mencoba melakukan upaya-upaya perbaikan dengan mendukung program-program yang dicanangkan oleh Bapak Bupati Maluku Tengah. "Pungkasnya"

Kegiatan Dandim 1504/Ambon bersama Tim Kominda Provinsi Maluku dan warga Negeri Kariu yang berlangsung di gereja Ebenhaezer Negeri Kariu, di teruskan dengan penyerahan bantuan sembako secara simbolis oleh Tim Kominda Provinsi Maluku dengan lancar.


Kegiatan tersebut dihadiri oleh Pj. Bupati Maluku Tengah (DR Muhammad Marasabessy, ST, SP, M, Tech), Ketua Kominda Maluku (Brigjen TNI, Anton Irianto Opang SH), Asintel Kasdam XVI/Ptm (Kolonel Inf Herlambang), Dantim Satgas Bais (Mayor Inf Beny), Mayor Laut(P) Heru Susanto (Pabandya Progarminprod Sintel Lantamal IX), Kapolresta P.Ambon dan PP. Lease diwakili Kabag Ops Polresta Ambon (Kompol Syarifudin), Camat Pulau Haruku (M.Ali Latukonsina Spd), Danramil 1504-07/P. Haruku (Kapten Inf Abdul Wahab Tuahena SH), Pasi Inteldim 1504/Ambon (Kapten Inf Efendi Selayar), Kapolsek P. Haruku (AKP Idris Mukaddar SH), Sekda Malteng (Dr.Ir Akib Sahubawa ST, Msi), Para Pimpinan OPD Malteng, 
Raja Negeri Kariu (Bpk Samuel Rajawane), Pendeta Negeri Kariu (Ibu Nel Ukum), Ketua Saniri Negeri Kariu (Bpk Piter Tupalessy), Masyarakat dan Pelajar Negeri Kariu uang hadir saat itu berjumlah 222 Orang.


Selanjutnya Dandim 1504/Ambon bersama Tim Kominda Provinsi Maluku melanjutkan perjalanan menuju Negeri Hulaliu dalam rangka pertemuan dengan masyarakat di Baileo Asari Lounusa Negeri Hulaliu, dengan agenda yang sama peninjauan kembali kesiapan rekonsiliasi konflik sosial yang terjadi antara Negeri Hulaliu dan Negeri Aboru, juga diakhiri penyerahan sembako secara simbolis kepada warga miskin oleh Kominda Provinsi Maluku. 


Setelahnya, rangkaian pendampingan yang tergabung dalam Tim Kominda Provinsi Maluku Kodim 1504/Ambon dan Pemda Malteng, yang bermula dari Kecamatan Pulau Haruku, berujung di Kecamatan Pulau Saparua, tepatnya, rombongan melakukan kunjungan ke Negeri Iha di Saparua Timur, dan menghadiri kegiatan Safari Ramadhan di Negeri Serisori Islam, Kecamatan Pulau Saparua, Kabupaten Maluku Tengah, kegiatan ini semata-mata untuk menyuarakan pesan damai kepada semua pihak khususnya di Negeri-Negeri yang berkonflik

Posting Komentar untuk "Suarakan Pesan Damai : Dandim Ambon Dampingi Tim Kominda Provinsi Maluku Di Dua Kecamatan"