Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dandim 1504/Ambon : Opster TNI Bawa Manfaat Untuk Warganya Di Pulau Haruku

Malteng - Dandim 1504/Ambon Letkol Arh Tengku Sony Sonatha, S.E., M.I.P., (Dansub Satgas Opster TNI) hadir pada upacara pembukaan kegiatan Operasi Teritorial TNI yang bertempat di depan jalan Masjid Nandatu Sahapory Negeri Kailolo, Kec. Pulau Haruku, Kab. Maluku Tengah, Pada Minggu (30/4/2023). 


Operasi Teritorial TNI di wilayah Kodim 1504/Ambon di buka secara  resmi oleh Danrem 151/Binaiya Brigjen TNI Aminton Manurung, S.I.P., selaku Komandan Satgas Opster TNI, yang berlangsung selama 60 hari, terhitung mulai sejak hari ini tanggal 30 April hingga 28 Juni 2023, yang berlokasi di Negeri Pelauw, Negeri Kariu, dan Dusun Ori, Kecamatan Pulau Haruku.

Pada intinya kegiatan ini untuk membangun persatuan dan kesatuan, stabilitas keamanan di wilayah serta peningkatan kesejahteraan masyarakat dalam rangka mendukung tugas pokok TNI.

Kegiatan Opster TNI mengusung tema "Melalui Operasi Teritorial Kita Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Khususnya di Wilayah Rawan Konflik Guna Menjaga Stabilitas Nasional serta Terciptanya Kemanunggalan TNI dan Rakyat".

Bentuk kegiatannya di mulai dari sasaran fisik berupa pembangunan RTLH type 36 sebanyak 7 (Tujuh) unit, Rehab MCK dan Sarana Mandi 1 (Satu) unit, serta pembuatan Lapangan Volly 2 (dua) unit, juga sasaran non fisik, akan di gelar penyuluhan-penyuluhan oleh dinas terkait serta bantuan pemeriksaan kesehatan secara gratis untuk masyarakat.


Dalam amanatnya pada upacara pembukaan Kegiatan Opster TNI, Danrem mengatakan "Operasi Teritorial ini sebagai salah satu bentuk upaya TNI, membantu Pemerintah Daerah, dalam mengatasi kesulitan rakyat, khususnya di Negeri Pelauw dan Kariu, yang pada beberapa waktu lalu mengalami situasi yang kurang baik akibat konflik sosial".

Keberadaan TNI dalam Operasi Teritorial, mengandung makna penting, agar selalu terciptanya Ruang, Alat, dan Kondisi Juang yang tangguh, demi  Kemanunggalan TNI Rakyat, dalam mewujudkan perdamaian, serta memulihkan kondisi masyarakat akibat konflik sosial.

"Jadikan momentum Opster TNI ini, untuk menjalin persaudaraan serta kekeluargaan dengan masyarakat, dan kehadiran prajurit TNI dalam Opster TNI TA 2023 ini, akan membawa sukacita, dan
kebahagiaan dalam masyarakat, khususnya di Negeri Pelauw, dan Kariu, sehingga dapat menjadi agen perdamaian dalam kehidupan masyarakat", ujarnya.


Selanjutnya, rombongan kunjungi lokasi penanaman pohon mangrove yang terletak di bibir pantai, Dusun Hitapori Negeri Kailolo. Pohon mangrove ini banyak manfaatnya selain dapat mengurangi abrasi, membantu menghambat intrusi air juga menjernihkan air, sehingga dapat memperbaiki lingikungan pesisir", kata Dandim.


Dansubsatgas Opster TNI, Letkol Arh Tengku Sony Sonatha, S.E., M.I.P. bersama rombongan tinjau Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Negeri Pelauw, Negeri Kariu juga Dusun Ori, yang termasuk dalam kegiatan sasaran fisik Satgas Opster TNI di Pulau Haruku.

Disela-sela kegiatan tersebut Letkol Arh Tengku Sony Sonatha, S.E., M.I.P., mengatakan "bahwa kegiatan Opster TNI merupakan kegiatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, di upayakan pada sasaran fisik dengan capaian hasil yang maksimal juga tepat waktu, bersamaan dengan itu kegiatan non fisik akan kita laksanakan sehingga membawa manfaat secara langsung kepada warga", tuturnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Pejabat Bupati Malteng Drs. Muhammad Marasabessy, ST, SP, Aster Kasdam XVI/Ptm  Kolonel Inf. Hasandi Lubis, Kasiren Korem 151/Bny Kol.Inf Taufik, Kasiter Korem 151/Bny Kol.Inf Christian Soumokil, Dandim 1504/Ambon  Letkol Arh. Tengku Sony Sonatha SE.MIP, Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau Lease Kombes Pol Raja Arthur Simamora SIK, Danyon Satgas Armed 1 Letkol Arm Arif Budiman, Para Pasi dan Danramil Kodim 1504/Ambon, Camat Pulau Haruku M. Ali Latuconsina, Para Pimpinan OPD Pemeritah Malteng, Raja Negeri Kailolo Sdr. Muhammad Ali Ohorela dan Raja Negeri Kariu Sdr.Samuel Pattirajawane serta undangan penting lainnya

Posting Komentar untuk "Dandim 1504/Ambon : Opster TNI Bawa Manfaat Untuk Warganya Di Pulau Haruku"